CARA MEMBUAT TAS DARI BATOK KELAPA

Posted: 4 Agustus 2012 in tips and trik
Tag:, , , , , ,

Setahun lalu, 7 Februari 2010, tepatnya semester akhir kelas 3-ku di SMA Negeri 12 Makassarkami diberi tugas akhir mata pelajaran Kesenian oleh Pak Hatta. Tiap siswa boleh membuat karya seni sesuai keinginan hatinya yang pastinya bernilai ekologi dan ekonomi…alias ramah lingkungan, tapi bernilai jual tinggi. Dengan syarat gak boleh menggunakan bahan dari kertas dan stick es krim.

Tema itu udah diberi sejak semester awal sebagai bayangan. Dan butuh tiga hari sebelum pengumpulan tugas aku baru dapat inspirasi mau bikin apa. Kebayang betapa kalang kabutnya aku ngerjain tugas akhir ini. Salah-salah nilai praktek mata pelajaran Kesenianku malah anjlok. No way!!

Sebelumnya aku udah kepikiran mau bikin sendal jepit dari karet ban, tirai bambu, tirai plastik snack, tapi itu udah pernah kubuat saat sayembara Toyota Eco Youth 2009 lalu.. kutengok tas ole-ole Yogyakarta pemberian tetanggaku. Hm.. kelihatannya bagus juga, tuh buat dibikin benda serupa. Tas ole-ole dari bahan batok kelapa. Selain cantik, nilai jual tinggi, bagus juga buat kupake jalan-jalan. Hehe..

Dari pada kubahas terlalu panjang. Gimana kalau aku bahas cara membuatnya? Mudah, kok… bisa teman-teman coba juga di rumah.

Aku (mantel orange) dan Bapak (mantel krem) lagi naik motor

Saatnya goes to Pasar Terong (pasar tradisional terbesar di Makassar) nyari batok kelapa yang klop buat jadi bahan. Kebetulan banget dapet batok kelapa berbentuk muka orang, nih. Lumayan, dapat 1 batok tanpa cacat cukup bayar 3000 perak.

Siapkan alat dan bahan yakni, gergaji besi, amplas kasar-halus, pensil, bor untuk melubangi, vernis, kuas, tali, dan batok kelapa.

Belah batok kelapa menjadi dua bagian

Gerus permukaan kasar batok dengan menggunakan parang (sejenis pedang adat Makassar. Hehe..)

Setelah digerus dan dipastikan gak ada sisa-sisa sabut kelapa, silahkan diamplas menggunakan amplas kasar

Nah, sekarang untuk membuat sisi kanan dan kiri tas, gambar bentuk tas yang diinginkan kemudian potong dengan menggunakan gergaji besi. (pada bagian ini pure atas bantuan Bapakku)

Setelah terbentuk bagian yang diinginkan, gunakan amplas halus untuk membuat permukaan semakin licin dan mengkilap

Nah, selanjutnya saatnya mengkilapkannya menggunakan vernis. Ada beberapa warna vernis yang bisa dipilih. Yang saya gunakan adalah vernis dengan warna coklat kehitaman untuk membuatnya terlihat lebih elegan. Ceileehhh… bisa juga pake vernis warna bening untuk mempertahankan warna alami batok kelapa, kok. Tergantung selera aja, deh.

Lalu, untuk menyatukan satu bagian ke bagian yang lain dapat dilakukan dengan melubangi pinggiran batok dengan menggunakan bor. Hati-hati jangan sampai sedikit kesalahan bor membuat batok menjadi pecah, loh. Proses pelubangan ini untuk lubang jahit restleting.

Setelah resleting dijahit, rekatkan kain di bagian dalam batok kelapa. Pastikan satu kain tersebut menghubungkan satu bagian batok dengan bagian lainnya.

Nah, sebagai finishing, pasanglah tali panjang untuk membuatnya sebagai tas.. jika tidak ingin, maka selesailah dompet cantik batok kelapa. Lumayan lebih cantik dari tas ole-ole Yogyaku, loh!

Well, berikut tadi cara pembuatan tas batok kelapa cantik yang telah kuajukan sebagai tugas akhir mata pelajaran Kesenianku. Ternyata cukup bagus juga nilai yang kuperoleh. Berbekal kelabakan diburu deadline dan ngarang asal-asalan gimana pembuatannya…..akhirnya tas itu selesai juga..

Hehe, ada beberapa cerita menarik pasca penilaian tas ini. Salah satunya, udah ada beberapa sahabatku yang nawarin buat beli tas ini. Lumayan juga kalau dijual Rp70.000,- buat satu tas. Tapi, maaf karena ini karya tas pertamaku, ya Not For Sale.…. Sampai sekarang tas ini masih ada di kamar dan terkadang aku pakai saat momen-momen yang tepat.

Gimana? Tertarik buat nyoba, gak??

 

_kyon’s room

About these ads
Komentar
  1. wiro mengatakan:

    josss

komentar sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s