Tips Membersihkan lukisan cat minyak

Posted: 17 Juli 2012 in tips and trik
Tag:, , ,

nah… buat yang punya Lukisan dari cat minyak kesayangan yang mungkin ud rada gak enak di pandang. ane ada sedikit Tips ngerawat Lukisan kesayangan sobat!!

Permukaan lukisan minyak yang sudah tua cenderung gelap dan menghitamkan dari waktu ke waktu, dan dapat membuat gambar lukisan terlihat kurang cerah.  Dengan membersihkan kotoran dan menghapus pernis yang sudah menguning,  memungkinkan Anda untuk melihat bentuk awal dari lukisan saat pertama kali dibuat oleh pelukis. Sementara itu, untuk membersihkan lukisan hanya para ahli yang mempunyai pengalaman dan alat untuk mengembalikan karya seni lukisan yang sangat berharga menjadi bersih terawat, Namun siapapun dapat mencoba untuk membersihkan lukisan tua dengan biaya murah dan peralatan seadanya, Jika anda mengerjakannya dengan teliti dan hati-hati.

Berikut adalah cara sederhana membersihkan lukisan dengan peralatan yang mudah didapatkan.
Peralatan yang anda butuhkan:

  • Kaca Pembesar
  • Pisau cutter
  • Sabun halus
  • Spons kecil
  • Alkohol
  • Kapas penyeka/cotton bud
  1. Pasanglah lukisan dengan posisi horisontal untuk mempermudah anda membersihkannya.
  2. Lihatlah permukaan lukisan dengan kaca pembesar. Apabila ada titik kecil, itu sering disebabkan oleh kotoran serangga, bisa dihilangkan dengan pisau cutter, kerjakanlah dengan hati-hati dan perlahan. Untuk menghilangkan kotoran seperti debu di permukaan lukisan, Bersihkan dengan larutan air dan sabun lembut apabila lukisan tidak retak atau cat mengelupas. Hati-hatilah membersihkan sudut tertentu yang susah dijangkau. Gunakan air secukupnya, usahakan agar kanvas tidak terlalu basah.
  3. Hapuslah lapisan pernis dari sebuah lukisan jika sudah mulai berubah warna(Menguning). Solusinya adalah menggunakan alkohol, Cobalah di area sudut kecil dengan menerapkan sedikit alkohol pada kapas. Jika dengan cara ini cat lukisan/pigmen ikut terhapus, kurangi kadar alkohol. Jika solusi ini tidak cukup kuat untuk menghapus pernis, tingkatkan kadar alkohol. Mulailah dari bagian terkecil sampai anda selesai menghapus semua pernis.

Selamat mencoba!!!

komentar sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s