banyak orang yg mendapatkan skill megagumkan hanya dengan otodidak, dia beljar melalui teman, inernet dan buku, nah.. jika dia bisa kenapa kiat ga? penentu utama bisa atau tidak hanya kita.

oke.. langsung aja deh  Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda ketika belajar sendirian otodidak .

1. Kenali cara belajar Anda.

Inilah bagian tersulit dari belajar otodidak, mengenali cara belajar. Perlu disadari bahwa cara belajar setiap orang berbeda. Sebagian orang mungkin lebih suka belajar teori baru kemudian mengikuti tutorial. Sebagian lain mungkin akan melewatkan teori dan langsung pada praktek. Sebagian mungkin lebih nyaman dengan membaca studi kasus dari sebuah projek.

Kenali juga media belajar yang cocok buat Anda. Apakah Anda lebih suka belajar lewat video, tutorial tertulis, atau mungkin lewat buku? Apakah Anda lebih nyaman dengan pembahasan yang detail atau yang sifatnya teknis, langsung praktek?

Jadi, bagaimana cara mengenali cara belajar kita sendiri? Silakan bereksperimen dengan mencoba semua cara lalu evaluasi hasilnya. Langkah ini mungkin membutuhkan waktu lama, tapi setelah ini dikuasai, proses belajar Anda akan lebih mudah. Baca entri selengkapnya »

Teknik dan Bahan Karya Seni Kriya:
Ada beberapa teknik pembuatan benda-benda kriya yang disesuaikan dengan bahan. Alat dan cara yang digunakan antara lain cor atau tuang, mengukir, membatik, menganyam, menenun, dan membentuk.
1. Teknik cor (cetak tuang)
Ketika kebudayaan perunggu mulai masuk ke Indonesia, maka mulai dikenal teknik pengolahan perunggu. Terdapat beberapa benda kriya dari bahan perunggu seperti gendering perunggu, kapak, bejana, dan perhiasan.
Teknik cetak pada waktu itu ada dua macam:
• Teknik Tuang Berulang (bivalve)
 
Teknik bivalve disebut juga teknik menuang berulang kali karena menggunakan dua keeping cetakan terbuat
dari batu dan dapat dipakai berulang kali sesuai dengan kebutuhan (bi berarti dua danva lve berarti kepingan). Teknik ini digunakan untuk mencetak benda-benda yang sederhana baik bentuk maupun hiasannya.
• Teknik Tuang Sekali Pakai (A Cire Perdue) 
Teknik a cire perdue dibuat untuk membuat benda perunggu yang bentuk dan hiasannya lebih rumit, seperti arca dan patung perunggu. Teknik ini diawali dengan membuat model dari tanah liat, selanjutnya dilapisi lilin, lalu ditutup lagi dengan tanah liat, kemudian dibakar untuk mengeluarkan lilin sehingga terjadilah rongga, sehingga perunggu dapat dituang ke dalamnya. Setelah dingin cetakan tanah liat dapat dipecah sehingga diperoleh benda perunggu yang diinginkan.
Disamping teknik cor ada juga teknik menempa yang bahan-bahannya berasal dari perunggu, tembaga, kuningan, perak, dan emas. Bahan tersebut dapat dibuat menjadi benda-benda seni kerajinan, seperti keris, piring, teko, dan tempat lilin. Saat ini banyak terdapat sentra-sentra kerajinan cor logam seperti kerajinan perak. Tempat-tempat terkenal itu antara lain kerajinan perak di Kota Gede Yogyakarta dan kerajinan kuningan yang terdapat di Juwana dan Mojokerto.

1. Pengertian Karya Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dirancang untuk tujuan fungsional, yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) manusia. Seni rupa terapan memiliki fungsi guna atau pakai. Artinya selain sebagai benda yang bernilai seni (artistik) juga sebagai benda yang indah (estetis) dan dapat digunakan untuk kepentingan manusia. Contoh benda seni terapan antara lain benda-benda gerabah dari tanah liat, benda-benda anyaman, kerajinan keramik, peralatan rumah tangga, kerajinan furniture.

Karya seni rupa terapan daerah setempat diciptakan untuk tujuan melestarikan nilai-nilai tradisi dan adat dalam proses serta teknik berkarya seni rupa daerah setempat. Bentuk, model, teknik, dan media memiliki keunikan/karakteristik tersendiri, sebagai kekayaan seni budaya.

Karya seni rupa terapan daerah setempat yaitu karya seni rupa yang memiliki fungsi pakai/guna, dibuat dengan teknik (cara) dan media yang ada di daerah setempat, sebagai aset atau kekayaan budaya nasional.

2. Hasil Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat

Benda-benda seni rupa terapan yang dihasilkan di bagian daerah di wilayah Indonesia diantaranya yang terkenal adalah:
a.       Kerajinan Batik

Seni batik adalah sebagai budaya nasional yang sudah banyak dikenal di mancanegara. Sebagian besar daerah di Indonesia memiliki karya seni batik yang berbeda jenis dan coraknya. Batik termasuk karya seni terapan dua dimensi yang umumnya digunakan sebagai nama motif atau corak batik. Antara lain :
Batik Solo
Batik Yogyakarta
Batik Bayumasan (Purwokerto)
Batik Laseman (Lasem-Rembang)
Batik Bakaran (Pati)
Batik Cirebon
Batik Pekalongan (corak Pekalongan)
Batik Madura
Batik Palembang
Batik Garut (Jawa barat)
Batik Bali
Batik Tuban (Jawa Timur) Baca entri selengkapnya »

DOWNLOAD E-BOOK HUMOR:

- Kumpulan Humor wakakaka

- Kumpulan Anekdot Gus Dur

DOWNLOAD SEMBARANG :
- Antena Kaleng
- E-book Tutorial dan Membuat Blog Gratis WordPress
- E-Book Tutorial Membuat Blog Gratis Blogspot Untuk Pemula
- E-book Cara Ngeblog Yang Keren
- E-book Smart Blog Walking
- E-book Kamus Istilah Blogger
- E-book Kamus Istilah Dalam Blog
- Kamus Istilah Dalam WEB
- Materi Menulis Jurnalistik
- Cara Mudah Membuat Majalah Sekolah
- E-book Biografi Bung Tomo
- Kamus Bahasa Jawa-Indonesia (boso jowo)
- E-book Dari Sampah Jadi Karya dan Kaya

DOWNLOAD MATERI SENI RUPA :

- Watak dan Warna Favorit
- Warna Primer Menurut Brewster
- Teori Warna Dalam Berbagai Pandangan
- Teori Warna
- Cara Mudah Memadukan Warna
- Seni Kria Nusantara (1)
- Modul Menggambar Mistar
- Modul Menggambar Proyeksi Ortogonal
- Menggambar Teknik
- Gambar Proyeksi dan Perspektif
- menggambar Ornamen Mistar
- Contoh Gambar Ornamen ( Ragam Hias)
- Materi Pengertian Seni Rupa
- Klasifikasi Karya Seni Rupa
- Komposisi Rupa

DOWNLOAD E-BOOK SENI

- Misteri Kutukan Benda Seni Dunia
- Biografi Leonardo Da Vinci
- Biografi Michelangelo Bounaroti
- Mengungkap Misteri Senyum Monalisa
- Bung Karno dan Seni Rupa
- 100 Tahun Pelukis Affandi
- Affandi Sang Maestro
- Katalog Pameran Lukisan dan Karikatur Gus Dur 2010
- Novel Ronggeng Dukuh Paruk, Ahmad Thohari (trilogi 1)
- Usaha Mengembangkan Bakat Menggambar dan Melukis Anak dan Remaja
- Kata-kata Mutiara dan Gambar Karikatur Einstein
- Seni Merangkai Kabel (Applied Art)
- Media Pembelajaran Seni Rupa Interaktif

DOWNLOAD TIPS DISAIN :

- Vector Ornamen Bunga 1

- Vector Ornamen Bunga 2

- Vector Ornamen Bunga 3

- Vector Ornamen Bunga 4

- Vector Ornamen Bunga 5

- Vector Ornamen Bunga 6

- Template Kartu Nama 1

- Template Kartu Nama 2

- Template Kartu Nama 8

- Disain Undangan Slametan

DOWNLOAD TIPS MENGAJAR DAN PERANGKATNYA:

- Variasi Pembelajaran Seni Rupa Pada Usia Dini

- Silabus Seni Budaya SMA

- Silabus Seni Rupa Kelas X, XI, XII SMA

- KTSP Seni Rupa SMA X

- KTSP Seni Rupa SMA XI

- KTSP Seni Rupa XII

- Silabus SENI RUPA SMA

- Silabus Seni Musik SMA

- Silabus RPP Seni Tari Kelas VII-IX

- Buku Sekolah SD, SMP,SMA Gratis

- Cara Komplit MENYUSUN JADWAL PELAJARAN

- Tutorial Membuat TTS Pelajaran dengan CrosswordForge5.5.5.

- Tutorial Membuat Animasi Flash dengan Software Flash Maker

- Tutorial Terjemah Indonesia Inggris ( Google)

- Tutorial Membuat foto jadi kartun

DOWNLOAD SOFTWARE GRATIS:

- Software Bel Sekolah

- Software Jadwal Pelajaran Sekolah

- Software Perpustakaan

- Software Jadwal pelajaran ASc Timetable 2008

- Software Jadwal Pelajaran aSc TimeTable 2009

-  Software Interaktif Cara Menggambar Untuk Anak-anak

-  Software Belajar TAJWID Interaktif Portable

Software Game 3D Biologi SMA (tentang jaringan tubuh melawan virus & Bakteri)

Softwate Interaktif Portabel Tentang Seni Rupa (Art)

- Software Chord Pick out (Portabel Cara mencari Chord gitar praktis)

- Software Membuat TTS Pelajaran dengan CrosswordForge5.5.5.

* Software Membuat Foto Jadi Kartun ( cartoon maker)

* Software Rekam Suara

* Software Flash Maker ( Membuat Animasi Flash)

DOWNLOAD E-BOOK TUTORIAL MENGGAMBAR/DRAWING:

* Tutorial menggambar wajah 1

* Tutorial menggambar wajah 2

* Belajar Menggambar Wajah 1

* Belajar Menggambar Wajah 2

* Belajar Dasar Membuat Arsir Gelap-Terang

* Teknik Dasar Bayangan Benda

* Menggambar Dengan Perspektif

* Belajar Menggambar Hidung

* Belajar Menggambar Mata

* Belajar Menggambar Mata Wanita

* Belajar Menggambar Buku (alam Benda)

*Belajar Menggambar Pemandangan Alam

* Belajar Menggambar Mulut

* Menggambar Komposisi Bentuk Dasar

* Cara Menggambar Karikatur dan Contoh Wajah Karikatur Tokoh Dunia

* Latihan Dasar Menggambar Bunga

* Membuat Sket Sederhana Mobil Klasik

* Menggambar Dekoratif Peri Cantik

* Menggambar bunga mawar dengan pastel

* Menggambar perspektif dengan 1 titik pusat

DOWNLOAD TUTORIAL MELUKIS (PAINTING):

* Melukis Teknik Cermin (Bayangan Di Air)

* Melukis Pemandangan Musim Semi

* Latihan Melukis Dengan Cat Air 1

* Cara Melukis Pemandangan Laut 1

* Melukis Pemandangan Alam

* Lukisan Jalanan (Street Art)1

DOWNLOAD MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA (POWERPOINT):

PELUKIS DAN KARYANYA (Contoh Aliran Lukisan):

* Claude Monet-Impressionism

*Jackson Pollock-Action Painting (abstrak)

* Fingers Painting (lukisan pada tangan)

* Pelukis Marc Chagall Overview

* Pelukis Pablo Picasso 1881-1973

* Pelukis Pablo Picasso 1

* Peukis Pablo Picasso 2

* Pelukis Piet Mondrian

* Pelukis Salvador Dali

* Pelukis Vincent Van Gogh

FOTOGRAFI DAN SINEMATOGRAFI:

* Tips Membuat Skenario.Powerpoint

* Naskah Skenario: Keparat Yang Satu Ini Perlu Bukti

* Contoh Rancangan Script Film Dokumenter

* 14 Langkah Membuat Film Sendiri

* Langkah-langkah Membuat Skenario

* Format Naskah

* Seputar Dunia Movie

* 14 Langkah Membuat Film Sendiri

* Kamus Istilah Dalam SHOTING

* Waktu terbaik pilih lens wide angle

* Teknik Dasar Fotografi

* Video Puisi Bangkit: Deddy Mizwar

SENI

  1. Definisi Seni adalah kesanggupan akal manusia untuk menciptakan sesuatu karya yang bermutu dan bernilai tinggi.
  2. Seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa.
  3. Seni menurut Plato adalah karya yang berasal dari peniruan bentuk alam dengan segala segi-seginya atau mendekati bentuk alam/natural.
  4. Seni menurut aristoteles adalah karya yang berasal dari alam, kemudian dibuat lebih indah sesuai ide dari pencipta/seniman.
  5. Seni menurut Shubert Read adalah karya manusia yang lebih mengutamakan segi kreativitas fisik dan psikologis.
  6. Seni menurut  M. Adler adalah sesuatu yang memberi kita kesenangan
  7. Seni menurut  T. Aquines adalah sesuatu yang apabila dilihat membuat senang
  8. Seni menurut  Aristoteles adalah sesuatu selain baik juga menyenangkan
  9. Seni menurut  J. Bushnel adalah kualitas yang mendatangkan apresiasi
  10. Seni menurut  S. Coleridge adalah perpaduan sesuatu yang baik
  11. Seni menurut F. Hegel adalah  identitas yang sempurna dan nyata
  12. Seni menurut  Michellengolo  adalah penyingkiran hal yang berlebihan
  13. Seni menurut  Frans H adalah sesuatu yang dapat memberi ide dan gagasan
  14. Seni menurut  Jonhson adalah perimbangan bagian yang menyenangkan
  15. Seni menurut I Kant adalah sesuatu yang menyenangkan seketika, dan semesta
  16. Seni menurut Eric W adalah gejala yang dapat di cerna oleh indra dengan baik
  17. Seni menurut Herbert adalah bentuk penerapan indrawi manusia yang senang
  18. Seni menurut J. Ruskin adalah benda yang dapat memberi kesenangan
  19. Seni menurut Brade seni adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia
  20. Seni menurut Lager seni adalah kegiatan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dipahami oleh perasaan manusia bentuknya berupa lukisan patung, arsitektur, musik, tari, film dan lain-lain Baca entri selengkapnya »

 

Gambar sketsa itu bagus banget kalo dilihat secara detail. coba deh.. sekarang kita coba bikin gambar sketsa dengan menggunakan foto, pake adobe photoshop tentunya.. ne tips buat sobat yg pengen punya lukisan pensil, tp ga bisa ngelukis, hehehehe… karena kalo sengaja bikin pake pensil kemungkinan tingkat kesulitannya nambah ato ancur hasilnya, (jgn dimasukin hati ya, becanda!!). sekalian nambah ilmu sob!!

oke kita langsung saja gimana Cara Mudah Membuat Sketsa Pensil Dari Foto dg Photoshop:

 

- pertama buka gambar yang mau kita bikin sketsa :

 

Baca entri selengkapnya »

 

gak usah basa basi ya!!! hehehehe…

langsung aja, ini dia langkah2 nya :

1. Buat Dokumen baru (Ctrl+N), ukurannya terserah, tekan D untuk mereset warna menjadi hitam putih. Kemudian isi Background Dokumen tsb dengan warna Hitam.

2. Klik Filter > Artistic > Plastic Wrap
Baca entri selengkapnya »

Sorry sebelumnya sob agak melenceng postingannya tapi ne juga seni, jadi ya.. ga apalah nambah-nambah ilmu, hehehe.. azeck!!!

“You can give without loving but you cannot love without giving”

Cinta adalah seni. Erich Fromm menyatakan bahwa sama seperti hidup adalah sebuah seni maka cinta adalah sebuah seni. Sama seperti berbagai seni seperti menari, melukis, menyanyi, dan sebagainya maka untuk menguasai seni tersebut kita juga harus belajar mencintai.

            is            

Seni mencintai dapat dibagi ke dalam dua bagian yakni teori cinta dan praktik cinta. Jika seseorang ingin menjadi penyanyi yang terkenal maka pertama-tama ia harus mempelajari lebih dulu apa yang dimaksud dengan melodi dan harmoni. Tanpa melodi dan harmoni maka nyanyian kita akan menjadi suara yang menyakitkan kedengarannya di telinga. Teori yang baik juga harus dilengkapi dengan praktik yang terampil. Untuk dapat menyanyi seseorang harus terampil mengatur nafas dengan baik. Setelah itu mungkin barulah orang tersebut dapat menyanyi dengan baik.

Baca entri selengkapnya »

1295385005158878498

Jika seseorang ditanya tentang jenis musik yang diketahuinya,hampir dapat dipastikan dia akan menyebut jenis-jenis musik sepertyi : pop,jazz,klasik,dang dut,keroncong.Pendek kata,jenis musik yang memang akrab menjadi perbincangan masyarakat umum.Jarang orang menyebut jenis musik kontemporer.Dan memang begitulah keberadaan musik kontemporer.Memiliki kesejatian namun seolah “mengambil jarak” dari hiruk pikuk kesemestaan musik,khususnya musik industri.

Musik kontemporer sebetulnya adalah musik yang con tempo(rary).Keberadaannya berpaut erat dengan mengalirnya waktu atau tempo.Itulah mengapa musik kontemporer sering juga disebut musik garda depan (avantgarde).Karena musik tersebut senantiasa mengedepani sebuah era.Musik kontemporer lazim juga menyandang sebutan new musik atau musik baru.(namun bukan genre musik new age).Dikarenakan sebagai konsekuensi keberadaannya yang senantiasa mengedepani sebuah era,musik kontemporer “dituntut” untuk menghadirkan sesuatu yang baru. Baca entri selengkapnya »

pasarkreasi.com Anda sering melihat graffiti atau mural yang ada di dinding bawah fly over perempatan Kuningan Jakarta Selatan? Mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa pembuatan graffiti dan mural di perempatan Kuningan itu difasilitasi oleh Dinas Pertamanan setempat. Street art yang dibuat oleh belasan bomber—sebutan bagi pembuat graffiti-itu dibuat pada  20-23 Desember 2006 dengan mengusung tema Re-Solusi Jakarta 300 cc. Tema tersebut diangkat sebagai respons sekelompok seniman jalanan terhadap buruknya kondisi sosial dan lingkungan di Jakarta. Kesempatan itu juga dijadikan sebagai kado akhir tahun dari para street artist kepada Kota Jakarta.

Tulisan dan gambar pada pilar-pilar di perempatan Kuningan ini bukanlah asal bikin. Sebab, sebelum “beraksi”, para bomber terlebih dahulu menjalani diskusi serta brainstorming yang cukup panjang. Lihat saja mural berjudul “Taman Kota” yang menampilkan dua anak kecil yang saling berangkulan di antara gedung-gedung, seakan-akan mereka tengah kebingungan ke mana  mencari taman untuk sekadar bermain. Atau graffiti bertuliskan “Boneka! Metropolis” yang mudah diinterprestasikan sebagai bentuk kritik terhadap para penguasa yang gemar mempermainkan orang. Sebab, di atas tulisan yang dibuat dengan cat semprot tadi ada citraan beberapa sosok orang yang dikondisikan seperti boneka lengkap dengan tali penariknya.
Baca entri selengkapnya »